21 December 2017

Membuat Cetak Laporan dengan PhpJasperXML, PHP dan MySQL


Alhamdulillah, Setelah beberapa hari saya mencoba mencari bagaimana membuat cetak laporan mudah dan tidak sulit. Seblumnya saya pernah belajar bahasa pemrograman visual basic dan mencetak laporan menggunakan Crystal Report.

Karena sudah terlalu sering bersama php saya mencoba mencari tahu bagai mencetak laporan di php sama seperti membuat cetak laporan di visual basic. Kemudian beberapa kali browsing dan mencari-cari kemana yaaa mencari, terus mbah google saya paksa untuk mencari-cari. Akhirnya nemu dengan nama JasperPHP atau JasperXMLphp. Kita langsung saja bagaimana membuat cetak laporan dengan JasperXMLphp berikut yang perlu kita butuhkan :
  1.  Library PhpJasperLibrary : klik disini
  2. Aplikasi iReport 5.6.0 : Klik disini
dua aplikasi diatas merupakan aplikasi yang kita butuhkan untuk membuat cetak laporan jadi mudah. Sebelum kita menggunakan/menginstall Aplikasi iReport ada baiknya anda menginstall java terlebih dahulu  :
  1.  JDK 1.8 yang di bisa di unduh pada web resminya di sini download sesuai versi OS anda
  2. kemudian silahkan download JRE 1.7 di sini
Langkah-langkah yang harus diikuti :
  1.  Install JDK 1.8 yang sudah di unduh, setelah menginstall JDK 1.8 konfigurasi java dengan mengklik kanan pada icon my computer > properties dan klik seperti yang di lingkari warna merah di bawah ini : 
    setelah itu klik environment variables
    isikan pada bagian system variables seperti gambar berikut, source dimana jdk anda di install
    letakan posisi paling depan. kemudian anda tes dengan membuka CMD : kemudian ketik java -version, jika berhasil maka akan muncul seperti berikut
  2. Tahap pertama anda sudah berhasil menginstall JDK, kemudian tahap berikutnya silahkan anda install iReport yang telah anda download sebelumnya.
  3. Setelah berhasil menginstall iReport silahkan copy JRE 1.7 di dalam folder iReport dimana anda menginstallnya. terlihat seperti gambar berikut :
  4. Setelah itu buka folder etc kemudia terdapat file ireport.config buka file itu kemudia ganti pada bagian jdkhome copy dan isi dengan "./jre1.7.0_80" seperti pada gambar dibawah ini :
      
    jika anda tidak bisa save, silahkan copy file ireport.config ke folder D anda atau folder dokumen lainnya, kemudian edit seperti petunjuk di atas kemudian replace file ireport.config dengan file ireport.config yang telah anda ubah. Jika langkah-langkah di atas maka aplikasi iReport anda sudah bisa dibuka. akan terlihat seperti berikut :
  5.  Langkah selanjutnya ada pada step berikutnya. Jika anda tidak sabar bisa mengklik link berikut ini karena mereka lebih memahami di bandingkan saya: https://nazimkuet.wordpress.com/2016/07/25/jasperreports-with-php-example-step-by-step-using-ireport/
sekian dulu tutorial dari saya, insya Allah akan saya lanjutkan. Terimakasih

Loading...

I am a fan of technology and i love coffee. I’m also interested in web programming and framework. below there are some accounts you can follow to contact me.

4 comments:

  1. Terima Kasih saudara..banyak info yang saya perolehi..Greeting From Malaysia

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 saudara. Saya jg masih perlu banyak belajar. Hanya berbagi apa yang saya bisa.

      Delete
  2. Mas, saya download JDK 1.8 sudah ada JRE nya apa perlu install JRE 1.7 lagi ?

    ReplyDelete

Thanks for comments.
EmoticonEmoticon